10 Daftar Perlengkapan Alat Menyusui di Kantor Bagi Ibu Pekerja

Hi Mommies, sudah siap-siap masuk kerja setelah cuti selama 3 bulan usai lahiran? Tetap semangat terus dengan ASI-nya ya. Apa saja 10 daftar perlengkapan alat menyusui bagi ibu pekerja di kantor? Berikut beberapa perlengkapan alat menyusui bagi ibu pekerja yang bisa kita siapkan setelah masuk kerja usai cuti melahirkan.

Perlengkapan alat menyusui bagi ibu pekerja di kantor

  1. Pompa ASI

Ini adalah alat menyusui bagi ibu pekerja di kantor yang utama. Ada jenis pompa yang manual dan ada yang elektrik. Meski demikian, kita juga bisa menggunakan dengan tangan langsung melalui metode tertentu. Saat anak pertama, saya memakai Medela Elektrik dan hasilnya puting saya lecet sampai berdarah. Dan di waktu anak ke-2, saya menggunakan Medela Swing.

 

 

 

  1. Botol ASIP

Botol ASIP Kaca

Kalau saya lebih merasa aman dengan botol kaca dibandingkan kemasan plastik sekali pakai yang sekarang banyak beredar. Ada 2 macam botol yang saya gunakan, yaitu merek Baby Pax dengan kapasitas maksimal 150 ml dan botol UC dengan kapasitas maksimal 120 ml. Keuntungan dari botol Baby Pax adalah ukurannya yang jelas tertulis di dinding botol, sedangkan botol UC tidak ada. Dari sisi harga, Baby Pax Rp 45 ribu untuk 3 buah, sedangkan UC 40 ribu untuk 20 buah. Jauh ya beda jumlahnya. O ya, ASIP di dalam botol yang disimpan di freezer akan menguap. Jadi penyimpanannya jangan melebihi batas maksimal karena botol bisa pecah. Sayang kan sudah capek-capek memompa, tapi terbuang percuma karena botol pecah.

 

 

  1. Cooler Bag

Banyak merek yang beredar, tapi saya suka merek Gabag hadiah dari teman kantor ini. Selain muat banyak (bisa 7-8 botol UC), juga ada bagian atasnya yang bisa dipakai untuk menyimpan mesin pompa dan makanan. Ibu menyusui perlu banyak asupan, kan? J

 

  1. Ice Gel

Banyak merek juga yang beredar, tapi sebaiknya yang tipis supaya tidak saingan tempat dengan botol ASIP yang juga disimpan di dalam cooler bag.

 

  1. Breast Pad

Perlengkapan alat menyusui bagi ibu pekerja di kantor ini penting dan jangan sampai lupa. Nggak mau kan tiba-tiba ada tetesan basah di daerah payudara kita di saat sudah seharusnya dipompa. Mereknya juga banyak. Saya biasa pakai merek Pigeon karena tahan tembus. Jangan lupa bawa breast pad cadangan untuk ganti saat di kantor.

 

  1. Bra Menyusui

Ini memudahkan kita saat bepergian dengan bayi. Tapi di kantor pun juga nyaman dipakai, karena kita tidak perlu membuka seluruh baju di saat waktu memompa tiba. Jadi sewaktu-waktu mau ke luar ruangan atau ada ketokan pintu, kita bisa segera cepat berkemas karena baju masih terpasang. Kalau merek sih tergantung kesukaan masing-masing J

 

  1. Celemek Menyusui

Celemek menyusui

Meski tidak akan dipakai di kantor, ini juga bermanfaat saat harus menyusui di depan banyak orang dan malas pergi jauh ke ruang menyusui, misalnya saat di mal. Tapi entah kenapa, Philip selalu mengibaskan celemek menyusui ini saat sedang menyusui. Dia merasa risih sepertinya. Jadi tetap harus dipegangi ya mommies meskipun kita menyusui dengan celemek.

 

 

 

 

  1. Baju Kancing Depan

Ini wajib punya. Selain memudahkan untuk menyusui, ini juga memudahkan untuk memompa saat di kantor. Lagi-lagi, tidak perlu buka seluruh baju jika menggunakan baju kancing depan.

 

  1. Freezer

Sebenarnya ASIP bisa kita letakkan di bagian freezer 2 pintu. Tapi kalau ada budget lebih, sebaiknya kita menyewa saja freezer khusus untuk ASI. Selain mencegah kontaminasi dengan makanan-makanan lain, manfaat lain adalah ruang penyimpanan lebih besar dan yang terpenting lagi tidak terganggu saat mati listrik. Biasanya kalau mati listrik kita akan tetap membuka kulkas, kan? Nah, dengan freezer khusus ASIP ini kita bisa menjaga freezer tetap tertutup karena ASIP bisa bertahan lama tidak mencair meski listrik sedang tidak bersahabat. Harga sewanya 100 – 150 ribu, tergantung tipenya. Atau kalau ada budget lebih lagi, kita bisa beli freezer dan selanjutnya bisa kita sewakan jika sudah tidak dipakai. Demi ASI, harganya masih masuk akal, kan?

 

  1. Sterilizer

Alat sterilizer

Karena menggunakan botol kaca, kita bisa mensteri botol-botol tersebut dengan cara direbus di air panas. Alat sterilizer ini lebih memudahkan saja. Mereknya juga macam-macam. Tergantung budget kita mau menggunakan yang mana.

 

 

 

 

 

 

Banyak juga ya perlengkapan alat menyusui bagi ibu pekerja di kantor. Semoga informasi ini bermanfaat dan teruslah menyusui hingga anak berusia 2 tahun! Semangat, Mommies.

Related posts:

One thought on “10 Daftar Perlengkapan Alat Menyusui di Kantor Bagi Ibu Pekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *